Senin, 30 April 2012

emosio: this is the first, but not the last :)


pukul 16.00 memberanikan diri untuk izin forum dalam sebuah training di sekolah. kemudian langsung tancap gas menuju sanggar menulis a.k.a balairung selatan UGM.  takut terlambat, ini sudah waktu dimana seharusnya kami berkumpul.
gerimis mulai turun satu-persatu. masih bertahan dengan almamater biru tua menyelimut badan, namun lama-lama mengingat kondisi fisik yang sedang sedikit drop akhirnya merelakan diri untuk berhenti sejenak, memakai jas hujan ala kadarnya.
langsung, tancap gas lagi, menyusuri jalanan kota Yogyakarta yang mulai licin dan dingin.

sampai di balairung selatan.
tengok kanan-kiri. masih belum terlihat satu dua batang hidung tim Kurcaci Emosio. menghela nafas lega, berarti belum terlambat.

satu menit, dua menit, lima menit. waktu menunjukkan pukul 16.25. sudah lebih 25 menit dari waktu seharusnya kami berkumpul. ah, sudahlah, ini hujan, smoga semua selamat sampai di tempat ini.
instead of hearing rain's song, i took my headset and played my song-list today.

finally, mbak adie and mbak yossie came. alhamdulillah, being together was really really good than be 'anak SMA ilang kedinginan sambil dengerin lagu di bawah payung balairung'.
then, we sat under the umbrella. *this is the second point why two is better than one (jiah..) seenggaknya ada temen diajak ngobrol gitu.

about 10 minutes later, mbak fanny came. and 'something in the mbak fanny's bag' was our destination. *mekso, jangan ditiru basa inggrisnya nih.
yap, mbak fanny brought our child, our first child together.
a book with yellow-black cover, and the word "EMOSIO" which is the title of our babybook.

ini adalah karya pertama kami bersama.
mulai dari mas mario yang paling tua (yang hari ini pendadaran, barakallah mas), ada mbak adie (yang juga sepertinya akan memulai berjuang dengan skripsi, semangat qaqaaaa :3), mbak yossie (yang jago matematika :3), mbak fanny yang banyak ide (yang mengenalkan kami pada publisher yang menerbitkan dan mencetak emosio), mbak chita (yang kalem ), mas erwin (yang tulisannya oke banget, diksinya menari-nari), mas naufal (yang sepertinya pendiam, atau karena memang jarang dateng ke rapat-rapat proyeksi kami ya?), dan tentunya saya yang paling imut disini (paling njengkelin dan banyak maunya juga sepertinya, hehe)

and, seeing our book together.. all i can do is just smile  :)

i hope that this is the beginning of our dream, our big dream.
i hope this small book could bring the big affection for everyone who read it.
inspiring everyone.. especially inspiring us...
give us more courage to write, write, and write
write the useful things, write to shine the world..

happy, being together with kurcaci-kurcaci emosio.
bisa mengambil banyak pelajaran dari pengalaman-pengalaman kami dalam '3 bulan membuat buku' ini.
and thanks to CWC FLP, for giving us this job.
and please don't say "promote your book and sell it minimum 100 packages" --a oh please..

ah, i've never told you about Forum Lingkar Pena, rite?
okay, since 3 months ago, i'm already the new member of FLP Yogyakarta, fourteenth generation. with 24 others.
and as you know, this 'book project' was made by Creative Writing Center FLP.

as the closing,
i'm telling you that 'emosio' is our first book, but maybe it's not the last.
'cause we'll around the world with our joyful stories..
so you can wait for it.. :)





Minggu, 29 April 2012

kotak kayu #4


kadang,
merindukan setapak demi setapak langkah di pagi yang lalu

setapak waktu dimana semesta masih belia
ibarat berlari di padang tak berujung
yang membentangkan harap sepanjang apapun

ah, hanya rindu
rindu pada hal-hal kecil yang dulu pernah terlewat

pada kupu-kupu cantik yang dulu hinggap pada mawar-mawar kami
pada merpati putih yang hinggap di dahan flamboyan ketika berbunga
pada gemerisik angin yang mengusik rerumputan
pada gerimis kecil-kecil yang membasahi tanah semesta

tapi semuanya terangkum
dalam kotak kayu di sudut ruangan itu
kotak kayu yang dulunya masih harum
tapi kini,
mungkin harumnya telah memudar dimakan waktu
siapa yang tau?

:)

kotak kayu #3

kadang,
merindukan sebaris peristiwa di masa lalu

sederet bilangan waktu yang dapat dihitung mundur
laksana berdiri di ujung lembah bergema
yang memantulkan frekuensi hati sekalipun
siapa sangka?
ketika pada akhirnya kotak kayu itu menua
tanpa ada yang menyentuhnya lagi
tanpa ada yang mengisinya dengan sebaris kata lagi
siapa mengira?
ketika akhirnya kotak kayu itu diamakan rayap ujung-ujungnya
ah, itu pasti
karena ia hanya teronggok di lemari usang di sebuah kamar sempit tak berpenghuni





kotak kayu #2

aku tidak bisa mendefinisikannya
dengan rumus-rumus turunan fungsi sekalipun
karena sejatinya ia tak akan pernah bisa terdefinisi
mungkin ada kata yang bisa mewakilinya,
sebentar, biar kucari kata yang tepat..

ah, tak juga kutemukan 
sebuah kata yang dapat merepresentasikannya
atau mungkin sebuah melodi? sebaris not balok atau jajaran kunci A hingga kunci G?
ah, aku lupa. buta mataku membaca nada

sudahlah, lama-lama kurasa jemu juga
menemukan pengertiannya yang sebenarnya tak perlu kucari
karena,
ya, tak perlulah kata atau nada yang mewakili

cukup matamu yang melihat, 
telingamu yang mendengar,
dan hatimu yang merasa
ketika kotak kayu di depanmu itu akhirnya terbuka





kotak kayu #1

hei, apa itu?kotak kecil yang ada dalam lemarimu
ah, hanya sebongkah kotak kayu yang telah menua
benarkah? bolehkah kulihat?
sebaiknya tidak, kotak itu terlalu rapuh untuk kau sentuh
mengapa tidak kau buang saja kalau begitu?
tapi terlalu berharga untuk dibuang, sayang..
jadi, apa isi dari kotak itu?
kau tak tahu, tak perlu tahu. cukup aku yang tahu
mengapa?
karena itu tentang aku
mengapa tentangmu?
karena itu milikku. dulu milikku dan miliknya, tapi kini hanya milikku
miliknya? siapa dia?
dia...
siapa?
kamu..
aku?
ya, kamu, sepotong masaku yang tertinggal

Selasa, 24 April 2012

One Big Family

lagi-lagi lagu milik maher zain di album yang sama :D
pertama denger lagu ini, kaya denegr orang lagi cerita. gleg. emang harusnya orang nyanyi tuh gini.
jadi inget beberapa bulan yang lalau waktu latihan nasyid sama Mbak Lana.
waktu itu lagi persiapan lomba nasyid buat Muslimah Fair.

Mbak Lana bilang, yang kurang lebih begini maksudnya,
"jangan kaya orang nyanyi. tapi cerita. karena ini syi'ar. karena niat kita dakwah. bukan karena suara kita bagus, bukan karena performa kita kuat, tapi karena niat kita memang syi'ar. bercerita, tapi juga bernada. dari hati, kerena ini untuk dakwah"


One Big Family by Maher Zain



I wonder why you and me fight each other
Don't you see the similarities between us?
Take a minute and see yourself in the mirror 
You look like me: those eyes, lips - you can't deny


Pre-chorus:
Have you thought about 
Why we look the same?
Why we feel the same?
Don't tell me it's by chance


Chorus:
Oh, you're my brother
You're my sister
We're one big family
Oh, you're my brother
You're my sister
Just one big family


It doesn't matter if you live far away from me
You feel I feel, you bleed I bleed, you cry and I cry
We sleep and dream
Sometimes we're sad, sometimes we're happy
You breathe I breathe
We love, walk, talk and we smile




CHORUS


I care about you
And I wish you could realise
There's no difference between us two
We're part of one family 
No matter how far you are
And even if we don’t know each other 
Oh, you and me, me and you, we are one


CHORUS

I Love You So

masih dalam album "forgive me" nya bang maher zain, nisa mau bagi2 lirik salah satu lagu yang judulnya "I Love You So"
lagu ini bener-bener apa yaaa, emm, yaaa gitu deh pokonya. bener2 'ngena' banget. menyuarakan isi hati nisa yang paling dalam *jiaah, lebay lagi
and this is it, I Love You So by Maher Zain


I pray to God
With my heart, soul and body
Every single day of my life
With every breath I solemnly promise
To try to live my life for you
O Allah, you did revive my soul
And shone Your light into my heart
So pleasing you is now my only goal
Oh I love you so
I love you so


Chorus:
Now I know how it’s like
To have Your precious love in my life
Now I know how it feels
To finally be at peace inside
I wish that everybody knew 
How amazing feels to love You
I wish that everyone could see
How Your love has set me free
Set me free and made me strong


O Allah, I’m forever grateful to You
Whatever I say could never be enough
You gave me strength to overcome my uncertainties
And stand firm against all the odds
You are the One who did revive my soul
You shone Your light into my heart
So pleasing you is now my only goal
Oh I love you so
I love you so

17th

23 April 2012. selamat milaaad, sobatku sayang, Afifah Khoiru Nisa a.k.a babon yang ke 17 :D

heem, yang udah 17 tahun nih, yang udah dapet KTP, yang udah bisa bikin SIM juga. selamat ya ukhti sayaang :*
semoga selalu kuat, selalu tangguh, selalu pinter, selalu sholihah, selalu jadi babon deh pokoknya, hehe :D
wish nothing but the best for you beb ;)
semoga selalu dalam lindungan Allah, selalu dimudahkan Allah, selalu dicintai Allah :)
seperti kami mencintaimuuu, hehehe *gombal dikit.
sukses untuk semuanya, aamiin..:)

well, karena rencana awal mau bikin scrapbook tapi ga kesampean, jadi scrapbooknya virtual aja ya, hehehe.
ini dia beberapa karya scrapbooknya nisa yang masih amateur dan amburadul. dan foto-fotonya itu-itu aja karna ga sempet nyolong dari leptopnya babon. hehe.

at Nikkou Ramen :3



mix photo.di halaman maskam, di kos nisa, di rumah salma.



di rumah salma. edisi danbo :D


croppin-cropping dari foto2 jaman SMP yang udah buluk :D



masterpiece yang amburadul :D yang ini nisa post di fb nya babon


take a rest

Assalamu'alaikum, konbanwa mina-san :)

kyaaaa! *teriak dengan suara macho

Alhamdulillah, setelah kurang lebih 3 hari ambruk, sekarang bisa bangkit lagi :) *jingkrak-jingkrak
jadi ceritanya nisa lagi terserang virus "homesick". yah, sedikit lebay sih memang, tapi begitulah kenyataannya teman.

dulu kira2 habis MID test kan pulang. trus balik lagi ke jogja dianter naik mobil. eh, masuk kos udah mulai pusing-pusing. besoknya ambruk bruk sampe bener2 ga bisa bangun, cuma bisa merem, melek, nangis. *tragis, liatin layar hape aja ga kuat pas itu
akhirnya secara resmi nggak masuk sekolah 2 hari, tapi pada kenyataannya full seminggu nggak masuk. soalnya pas itu kelas 3 lagi TPM UN  jadi libur selang-seling gitu.

dan sekarang kayak dejavu, ngulangin hal yang sama.

jadi dari hari senin-kamis nisa liburan di rumah solo. trus kamis siang balik lagi ke jogja. nah, jum'at malemnya udah mulai nggak enak badannya. bangun-bangun tenggorokan sakit banget, badan meriang, pokoknya feeling not well banget dah.

tapi trus dipaksain masuk sekolah. mengingat sms-sms yang menumpuk yang mengharap nisa untuk datang ke sekolah. *jiaa, sok penting ni bocah :D
yasudah, nisa masuk skeolah. mampir istirahat di uks bentar, trus nerusin acara presentasi penelitian di aula. selesai dzuhur langsung mau pulang, tapi baru bisa pulang jam setengah 3. padahal jam 4 nya udah mulai mabit.
awalnya mau izin ga ikut mabit. tapi ga enak, udah diundang tapi kok ngga dateng. dan sepertinya saat itu sedang membutuhkan banyak SDM disana. jadilah dengan keikhlasan hati nisa ikut mabit di sekolah *alasan sebenarnya karna diiming-imingi game yang seru, tapi pada akhirnya kaga ikutan main game, malah yang nyiapin gamenya :3 well, gapapa, liatin temen2 yang maen game tengah malem dingin-dingin gitu seru juga :D

dan akhirnya malam itu tidur diatas lantai al-uswah. dingin emang, tapi gapapalah, semalem doang kok.
besok paginya semakin ngerasa ga enak. tapi dipaksa-paksain buat sehat. yeah, harus!
trus ahad siang bisa sedikit istirahat walaupun hidung udah mbeler terus kayak anak ingusan *dalam arti sebenarnya.
sorenya jalan-jalan ke mirota sama salma kareema untuk nyari kado milad buat sohib-sohib seperjuangan. nek ini nekat sakjane, udah ngerti lagi ga enak badan tapi ayo aja kalo jalan-jalan, hehe :D

dan hasilnya senin pagi badan udah nggak bisa diajak kerjasama. ambruk gitu aja. yasudah, pasrah jadinya.
nggak masuk sekolah hari itu. rencananya full istirahat. soalnya siap-siap tenaga buat hari rabu-ahad mau ada lomba cerdas cermat UUD.

dan alhamdulillah hari ini sudah bisa masuk sekolah walaupun masih sedikit meriang dan sakit kepala. dan sore ini berhasil motoran ke balairung dengan selamat walaupun batuk-batuk dan sentrap-sentrup plus suara yang ngalahain marieh carey serak banget. sebenernya masuk sekolah hari ini nggak masuk kelas blas sih, cuman persiapan buat lomba yang mulai berangkat besok rabu. cuman di mulmed, baca2 buku UUD, ditanyain, dikasih soal, dikasih makan sama latian yel-yel. sama tadi ketambahan ada hypnotherapy juga dari ayahnya dek Cinde.

dari sakit ini nisa banyak mengambil pelajaran juga.
alhamdulillah, masih dikasih waktu sama Allah buat istirahat :)
kalo nggak gini, nisa nggak akan bisa mensyukuri nikmat sehat. kalo nggak gini, mungkin nisa nggak bisa lebih deket sama Allah *emang dasar manusia lagi deket sama Tuhannya kalo lagi susah ya.
kalo nggak gini, mungkin nisa nggak bisa memberi jatah waktu yang cukup untuk diri nisa sendiri.

ya, banyak belajar. untuk tidak memforsir diri. untuk tidak terlalu membebani pikiran. untuk selalu berpikir, berkata, dan bertindak yang baik. untuk mencintai diri sendiri dengan makan yang teratur dan sehat *ehem, sadar karna udah diceramahin banyak orang .
untuk belajar ikhlas, belajar sabar, belajar qona'ah, belajar mengatasi rasa sakit, belajar untuk menjadi muslimah yang lebih tangguh dan kuat :))

oke, untuk posting judul kali ini udah dulu ya. soalnya masih banyak judul yang mau nisa tulis hari ini. soalnya udah beberapa hari absen. dan soalnya besok lima hari kedepan sudah berjuang buat lombanya. doakan ya cemaaaan :3 semoga kontingen SMAN 1 Yogyakarta bisa diberi kesempatan sama Allah untuk berlomba di tingkat nasional tahun ini. aamiin :)

jazakumullah khoir ceman-ceman.
wassalamu'alaikum :)



Sabtu, 14 April 2012

satu sayap

Ingin melanjutkan sebuah kisah dari seorang sahabat. Tentang sebuah rantai bernamakan “garuda keadilan”. kalo ingin tahu seperti apa misah sebelumnya, bisa dilihat di disini


Ya, kali ini ada sebuah panggilan datang untuk sang garuda.

Sang presiden, Ustadz Luthfi Hasan ingin bertemu dengan para garuda keadilan yang singgah di Yogyakarta. 
Betapa mengejutkannya! Bahkan sang presiden hendak menyambangi kami.

Jauh-jauh dari Jakarta tentunya banyak yang ingin beliau sampaikan. Pengalaman, cerita, tausiyah-tausiyah yang nantinya akan menjadi bekal untuk kami.

Melebarkan sayap-sayap kami.

Sungguh bertemu dengan sesama saudara dalam perjuangan itu sebuah nikmat yang sulit diungkapkan. Bersama-sama berjabat tangan, saling menguatkan, saling berbagi cerita, saling menyemangati, saling mendukung satu sama lain.

Ah, indahnya…
Namun sayang, aku tidak bisa hadir dalam pertemuan yang insyaAllah penuh barakah malam ini. Sungguh rasanya ingin sekali. Tapi berbakti pada orangtua juga tak kalah menyenangkan J

Tak apa, dari sini pun, aku bisa merasakannya. Aku bisa merasakan semangat yang para garuda itu miliki. Aku bisa merasakan getaran ketika mereka meneriakkan takbir untuk-Mu.

Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar!

Kami, para garuda keadilan senantiasa menyematkan secuil janji dalam diri kami ya Rabb, untuk senantiasa mengagungkan nama-Mu dibelahan bumi manapun kami berpijak. Terimakasih untuk kesempatan ini ya Rabb, untuk cahaya yang telah Engkau berikan pada hati-hati kami. Sungguh kami ingin tetap menjaga cahaya ini, istiqomahkanlah kami ya Rabb…

“Now I know how it’s like
To have Your precious love in my life
Now I know how it feels
To finally be at peace inside
I wish that everyone could see
How Your love has set me free
Set me free and made me strong”

-I Love You So by Maher Zain-

Rabu, 11 April 2012

saya dan esensi yang saya pahami

sebuah goresan sederhana, mengenai apa yang selama ini kita sebut sebagai 'dakwah'.

berdakwah itu bukan eksklusif, tapi inklusif.
sehingga kita bisa menerima semua golongan. kaya, miskin, orang desa, orang kota, dokter, menteri, sarjana, mahasiswa, siswa, tukang becak, pedagang sayur, dsb. pada dasarnya, tidak membedakan objek dakwah kita, mampu bersosialisasi dengan semua golongan.

berdakwah itu bukan menjauh tapi mendekat.
menjadi lebih baik adalah meninggalkan segala hal buruk yang pernah kita lakukan, bukan berarti meninggalkan teman yang dulu selalu bersama-sama kita. menjadi lebih baik bukan berarti kita selalu memperdalam ilmu agama, tapi ternyata kita sendiri lupa, bahwa teman kita pun membutuhkannya. menjadi lebih baik sebaiknya mendekat pada mereka, menyampaikan apa yang kita dapat, dan berbagi. bukan berarti justru menjauh dari mereka dengan alasan takut 'terpengaruh' dan 'kembali' pada kemunkaran itu. justru kitalah yang seharusnya mampu mempengaruhi dan mengajak mereka pada yang ma'ruf.

berdakwah itu tidak membuat pertentangan, tapi memupuk kedamaian.
cara berdakwah yang terlalu 'ekstrem' dan radikal kadang justru membuat mad'u kita menjauh. maka berdakwah dengan jalan damai adalah suatu yang disenangi. berdakwah berarti kita mengajak, namun apabila kita mengajak dengan paksaan bahkan hingga menimbulkan perselisihan, bukankah akan memperburuk citra dakwah itu sendiri? mengajaklah dengan halus, dan tentunya dengan tulus. percayalah bahwa apa yang kita lakukan adalah untuk kebaikan agama kita. untuk kebaikan dan ketentraman seluruh makhluk di semesta ini.

berdakwah itu memegang prinsip, bukan mengatasnamakan prinsip.
berdakwah sejatinya karena Allah semata, untuk kebaikan agama kita. maka, dalam berdakwah kita wajib berpegang pada Al-Qur'an dan Sunnah. dan tentunya ada suatu prinsip yang kita miliki ketika berdakwah. dengan apa kita berdakwah, bagaimana kita berdakwah, sarana apa yang dipelukan untuk dakwah, semua teratur dalam satu prinsip yang kita miliki.
namun prinsip itu buatan manusia. yang pasti ada kurangnya di sana-sini. maka itulah gunanya kita, saling menasihati dan memperbaiki.
tidak mengatasnamakan suatu prinsip untuk berdakwah. bukan karena kita termasuk golongan A maka kita berdakwah. bukan karena kita termasuk pengikut jamaah B maka kita berdakwah. bukan karena kita kader    suatu partai kita berdakwah.
prinsip hanyalah sarana, tatacara, maupun 'bendera' yang kita genggam. yang natinya ketika kita merasa sedikit jenuh, akan ada prinsip yang menjadi tiang penyangga kita, sehingga kekuatan itu tetap ada.

berdakwah itu tidak tergesa-gesa, tapi membutuhkan kesabaran ekstra.
berdakwah tidak semata-mata menjadikan mad'u langsung 'berubah'. berdakwah membutuhkan waktu yang cukup panjang, karena dengan begitulah seorang da'i diuji kesabarannya. kita tidak hanya melihat bagaimana seorang mad'u menjadi 'baik'. tapi kita juga harus mengamati prosesnya, membersamai perjalanannya.
karena sesungguhnya tidak ada 'perubahan' yang instan. semua memiliki proses. pun juga dengan dakwah. ia pun memerlukan proses.

berdakwah tidak semata-mata berbicara, tapi juga merumuskan.
berdakwah tentunya memiliki strategi. strategi atas suatu prinsip yang telah kita genggam tadi. maka sebaiknya sebelum berdakwah,  kita merumuskan apa yang hendak kita sampaikan. merapatkan dan memutuskan strategi apa yang hendak kita tampilkan. sehingga bila orang lain melihat, apa yang kita siapkan ini tidak waton atau ngasal. tapi sungguh-sungguh karena ada rumusan dan analisis. sehingga diharapkan apa yang telah kita berikan sesuai dan mampu diterima oleh mad'u kita.

atas nama dakwah saya tidak bisa mengatakan apapun.
karena saya meragu, apakah yang pernah, sedang, dan akan saya lakukan terhitung dalam langkah dakwah?
tapi atas nama diri saya yang jauh dari sempurna ini, saya akan mencoba.
meminjam kata dari seorang saudara, saya akan mencoba menjadi 'peri-peri keadilan'.
ya, yang kecil namun  memiliki arti.

apa yang saya tulis merupakan sebuah hasil rasa dan esensi yang terkata, yang tentunya teramat sangat subjektif.
mohon maaf sedalam-dalamnya bila ada rangkaian kata yang mungkin sahabat kurang berkenan.
saya meminta kepada sahabat, rekan, saudara, ikhwah fillah, untuk senantiasa mengkritisi dan memberi saran. 

sekali lagi, saya pun ingin lebih memahami, maka mari kita berbagi =)


Selasa, 10 April 2012

let's get married!

Assalamu'alaikum mina san :)
Annyeonghaseo ^^


sebelumnya, karena masih tergila-gila dengan 'number one for me' nya bang maher zain, jadi backsound nisa waktu nulis ini ngga berubah, hehe.
dan sejujurnya besok ada ulangan akuntansi yang sangat ngejelimet itu, plus ujian tari yang sungguh aduhai  nggak pahamnya, tapi tapi, tangan saya udah nggak tahan pengen bercerita. yasudahlah, masalah ulangan akhiran aja :D
let's begin :)

***

well, kali ini nisa bakalan bercerita sedikit mengenai opini nisa tentang 'nikah muda'.
woot, nikah mudaaa? are you sure niss?
yap. akhir-akhir ini para akhwat di al-uswah lagi heboh ngomongin talkshow nikah muda yang diadain masjid jogokaryan.
pada heboh hebring gitu deh mau daftar.
trus merekanya pada nanya, "ukh, mau ikutan nggak? ikut yuk, rame-rame"
nisa: "aih aih, ngga mau ah, malu"
mereka: "ngapain malu ukh? kan kita cuma mau ambil ilmunya"
nisa: "tapi kan belom waktunya. kalo kepengen gimana?"

dilain waktu dan tempat, adek-adek al-uswah juga nanya,"mbak mau ikut talkshow ini nggak?"
nisa cuma nanggepin,"waduh maaf dek, mbak kurang tertarik, hehe."

di kelas, temen2 juga pada iseng2 nanyain. "eh, ada talkshow nikah muda gituuh. ukhti nisa mau ikutan nggak?"
nisa sih cuman bilang, "waduh, kayaknya aku nggak terlalu ambisius buat nikah muda deh."

tapiii, beneran nih, seorang nisa nggak tertarik sama nikah muda? yakiin? hayo nis, hayoo, jujur aja deh..

oke, FINEEEE, nisa juga sempat mengalami menjadi seorang ababil remaja yang dimabuk kata-kata 'nikah muda'.
pertama karena emang mama-papa nikahnya muda. papa waktu itu 23 tahun, mama 20 tahun. bayangpun!
kedua, emang karena di teladan banyaaak banget contohnya alumni-alumni yang nikah muda.
ketiga, ya karena emang kaga boleh pacaran ya, makanya nikah aja yuk. begituu...

waktu itu mah kalo ketemu sohib-sohib akhwat yang diobrolin kebanyakan ya nikah-nikahan gitu. sampe lama-lama aku bosen sendiri ngebahasnya.
alhamdulillah nya, saat itu kita cuman sebatas ngobrol dan mengutarakan keinginan aja, nggak ujug-ujug langsung mau nikah abis lulus gitu *ya nggak lah nis,emang mau dilempar buldozer? -___-

jujur saja, dilema nikah muda yang dialami para akhwat yang masih SMA itu wajar. yah, itu salah satu bukti penolakan mereka terhadap kegiatan 'pacaran' yang emang nggak membawa maslahat itu. tapi, jangan samape kelewatan juga.

kalo ngomongin sekali dua sih masih oke.
tapi kalo udah keterusan? eh, ntar nggak taunya si ukhti lagi kena VMJ, nah lho. berabe juga kan.

kalo menurut nisa, berikan ia sesuai porsinya.
maksudnya, kalo sekarang kita sebagai pelajar, maka maksimalkan potensi kita sebagai pelajar. maksimalkan masa muda kita buat berkarya sebanyak-banyaknya. buat berorganisasi dan ikutan kepanitiaan event ini itu. buat dateng ke kajian keilmuan yang tersebar dimana-mana.

sekali lagi itu wajar, tapi tetap jangan terlalu mengagumi 'nikah muda' itu sendiri. sedang diluar itu, kita masih punya banyak tanggungan yang musti diselesaikan.

sedangkan ilmu, ya, kita butuh itu.
tapi, emang sekarang ya waktunya?
di saat organisasi dan proker-proker yang terbengkalai melambai-lambai dan memanggil-manggil minta di perhatikan?
di saat adek-adek kita butuh pengawasan yang intensif untuk kelangsungan dan keberhasilan kaderisasi kita?

percayalah, besok akan ada waktunya :)

tapi, untuk sekarang, yuk fokus dulu. pada amanah-amanah yang membebani punggung kita masing-masing. aku yakin banyak yang menantikanmu bergerak. *talk to myself

sebagai akhir, ingin menambahkan beberapa kata yang ditulis salah seorang anggota FLP yogya. ini nisa kutip dari cerpen beliau.

"aku tidak bisa lagi mencintaimu Sab, karena aku belum siap. dan aku tidak ingin memintamu untuk menunggu sebuah ketidakpastian. cinta itu hanya milik orang-orang yang siap. cinta itu bukan keinginan dan kemauan, tapi cinta itu adalah kesiapan. dan aku harus membunuh cinta itu kala aku belum siap. dan aku sudah lakukan itu Sab. maaf..."


jadi nisa simpulkan.
keinginan untuk menikah muda itu wajar. tapi tetaplah pada porsi kita untuk sekedar mengingikannya jauuuh dalam lubuk hati. karena pada dasarnya ia akan datang sendiri ketika waktunya tiba. sementara itu, kita isi dan selesaikan amanah-amanah kita dnegan baik dulu. hingga nanti tanpa kita sadari kita udah tumbuh jadi gadis dewasa yang telah siap untuk menjemput kebahagiaan itu. :)

***

begitu begitu,kira2 malah bikin galau nggak sih?
yah, semoga saja tidak. semoga bermanfaat :)
galau gitu nggak sih gambarnya :D


Senin, 09 April 2012

number one for me


lagi tergila-gila sama album barunya Maher Zain. khususnya buat lagu yang judulnya 'number one for me'. dibawah ini nisa kasih liriknya :)
berkali-kali denger tetep belum boseeen, saking bagusnya ><
kemarin iseng-iseng ngetik liriknya di hape, trus dikirim ke mama.
miss you soooo much, Ma :')
i'll go home soon, insyaAllah..


I was a foolish little child
Crazy things I used to do
And all the pain I put you through
Mama now I'm here for you


For all the times I made you cry
The days I told you lies
Now it's time for you to rise
For all the things you sacrificed

Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you
Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you


Mom I'm all grown up now
I'ts a brand new day
I'd like to put a smile on your face everyday


Mom I'm all grown up now
And it's not too late
I'd like to put a smile on your face everyday


You know you are the number one for me
You know you are the number one for me
You know you are the number one for me
Oh oh
number one for me


Now I finally understand
That  famous  line
About the day I'd face in time
Coz now I have a child of mine


Even though I was so bad
I've learnt so much from you
Now I'm trying to do it too
Love my kids the way you do


Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you
Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you


Mom I'm all grown up now
I'ts a brand new day
I'd like to put a smile on your face everyday


Mom I'm all grown up now
And it's not too late
I'd like to put a smile on your face everyday


You know you are the number one for me
You know you are the number one for me
You know you are the number one for me
Oh oh
number one for me


There is no one in this world
That can take your place
Oooh I'm sorry for ever taken you for granted


I will use every chance I get
To make you smile
Whenever I'm around you


Now I will to try to love you
Like you love me
Only God knows how much you mean to me


Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you
Oooh
If I could turn back time rewind
If I could make it undone I swear that I would
I would make it up to you


Mom I'm all grown up now
I'ts a brand new day
I'd like to put a smile on your face everyday


Mom I'm all grown up now
And it's not too late
I'd like to put a smile on your face everyday

The number one for me
The number one for me
The number one for me
Oh oh
number one for me


buat yang mau videonya, ini nisa kasih juga :)

video

Minggu, 08 April 2012

halo

halo
apa kabarmu gadis cilik berkepang dua?
masihkah terduduk di sudut kamar sempitmu?
ataukah sudah berubah menjadi gadis remaja mempesona?

halo
apa kabar boneka kelinci mu?
yang selalu kau bawa kemana-mana
tak pernah lepas dari peluk tidurmu
masihkah ia menjadi penghapus laramu?
ataukah sudah ada pangeran tampan mendatangimu,
yang setia mengusap airmatamu?

halo
apa kabar dengan piano kuno di tengah koridor?
masihkah kau setia menjauhkannya dari debu?
masihkah kau memainkan tuts-tuts hitam-putihnya?
ataukah telah berganti dengan music player yang moderen?

halo
apa kabar?
ini hujan
dan aku merindumu
di setiap rintik yang turun
di setiap kisah yang turut mengalir



Senin, 02 April 2012

the raid


well, kemarin senin tanpa sengaja di sms temen2 solid (xi ips). mereka ngajakin nonton the raid. kebetulan karena udah kepengen, yaudah aku ikut nonton bareng mereka. mumpung libur juga. mumpung lagi di rumah budhe jadi nggak jauh-jauh dari 21.

daten jam 10 lewat, eh tapi mulainya jam 12. yaudah deh kami nungguin sambil beli cemilan plus es krim. hmm, yummii..

dan akhirnya jam 12 tiba. kita langsung masuk ke studio 1. *sebenernya bosen, tiap ke 21 dapetnya studio 1 mulu -.-

akhirnya film dimulai. adegan pertama waktu si Iko Uwais sholat. habis itu dia berangkat ke lokasi penyerbuan. karena dia seorang agen intel pemula. tapi sebenernya nggak ada yang tau kalo penyerbuan itu ilegal. bahkan si sersan yang merintah pun nggak tau dalang di balik semua ini.

setelah itu, dimulai penyerbuan. asli, baru 30 menit nonton udah pengen muntah. sadis, sadis banget. tapi keren. ketimbang film horor ga jelas ato film romancemenye-menye. film ini bener2 memacu adrenalin/. dan bener banget kalo film ini harusnya buat dewasa.

tapi kenyataannya yang nonton banyak anak2 SMP nya juga. yah, terkadang menjadi tua di saat-saat seperti ini sedikit beruntung, hehehe.

pembunuhan nya bener2 diliatin. gimana di gorok-goroknya, gimana di patahin lehernya, gimana di tusuknya, gimana di tembak-tembaknya. smeuanya ga di sensor. makanya serem banget. yang ada seisi bioskop teriak-teriak setiap adegan pembunuhan itu muncul.

ceritanya satu alur. tapi ketegangan nya di setiap scene memuncak. pemain utama, si Iko Uwais akhirnya mampu bertahan sampai ke detik terakhir. tapi si Sersan udah tamat riwayatnya. dari 18 pasukan (kao ga salah) yang hidup tinggal 3, plus satu lagi si dalang, yang ternyata adalah sang Letnan *atau apa namanya lupa. dia itu gila pangkat.dia ngrasa dengan penyerbuan ini dia bakal naik pangkat. paahal dia mengorbankan banyak nyawa.

dan, salah satu anak buah penjahat yang di serbu itu adalah kakak si Iko sendiri. sang kakak ini gimanapun juga masih punya jiwa kekeluargaan. dia bantu adeknya keluar dari tempat itu. tapi si Bos tau penghianatan dia, trus akhirnya sang kakak yang di perankan oleh Donny Alamsyah di hukum siksa.

sedang si Bos penjahat itu akhirnya di tembak mati sama Letnan tua dalang itu.

si Iko/Rama pengen kakaknya balik lagi kerumah. tapi sang kakak ga mau. dia bilang:

"gue bisa bantu lo keluar darisini. tapi lo, lo nggak bisa jamin gue selamat di luar sana"

"polisi akan datang setelah ini," kata si ade, Rama.

"sebelum mereka datang gue pasti udah nggak disini," kata sang kakak lagi.
"kenapa gue disini? sama alesannya kenapa lo pake seragam itu, karena pas," lanjutnya.

bener2 menakjubkan kalo menurutku.
kalo nonton Final Destination, pasti juga deg-degan di setiap adegan mati nya, tapi kalo the raid ini, tiap detik aja bikin jantung jedag-jedug.

so, nggak rugi deh kalo nonton.

cuman, ada jeleknya juga film ini; sering pake kata-kata kasar. ya taulah yang kayak apa kalo orang ngata-ngatain orang lain.

but, overall, nice!

bang iko uwais yang lagi beraksi ><



cerita teman

jadi ceritanya kemarin aku mendaki gunung himalaya  ketemu temen SD di chat fesbuk. dia adalah seorang ikhwan yangboleh dikatakan sedikit ababil *kabur.
FYI, dia itu semacam bestfriend sejak SMP. dia tahu jaman2 jahiliyahku dulu, begitupun aku yang mengenal sederet mantannya, haha. *ups
tapi, kita tau kok, kita masih bisa jaga diri, kita tau batasan-batasannya. selain dia, masih ada lagi bestfriend2 dari SD tercinta dulu. yang pasti sama2 gilanya. pokoknya kalo ada mereka ketawa deh :D

jadi begini, dia nge-chat

x: Eh mau tanya solusi


N: yap?
  • semoga saya bisa bantu, hehe

    x: 
    Klo ada cewek tp msh kcl ngambek gt. Skap mu sbg cowok msal, gmn ?
    • Problem dlm mngajar ni, hehe
    • Anak it sktr umran kls 6 7

      N: 
      alasan ngambeknya?
      • kasih coklat aja
      • sama balon :D

        x: 
        Y apa y ? Gr2 aku ngajar yg laen
        • Bs dlempar sndal aku

          • N: emg dirimu ngajar apa sih bung?
          • lah, kok di lempar sandal?
          • anak kecil kan suka di kasih permen gitu

            x: Ngjar TPA hehe. 
            Hla ni dah kls 6 7 gt og

            N: yasudah, adeknya ngefans kali sama dirimu :P #ekyaaa

            x: Y aku ngrasanya gt sih, tp ku gk mau kPDan dink, haha

            N: jiah, guru yang ababil

            x: Hla aku liat santri2 ku yg cwek gt og skape kyok ngefans gt. Mrka jg lbh mlh ku yg ngjar dr pd yg laen, hehe

            • N: yee, ya jangan ngajarin yang akhwat dong
            • ngajarin mah yang ikwan aja


              yak,sebenernya masih ada cerita kelanjutannya. tapi darpada saya di demo yang bersangkutan mending di close aja ya percakapannya. hehe

              jadi selama chat itu saya ketawa-ketiwi sendiri. gimana nggak coba? ngedengerin cerita ustadz muda yang ababil. hahaha :D *piss
              tapi memang begitulah sifatnya, sejak dulu dia itu mendapat predikat tertinggi dalam hal PD dan GR. hwehwe.

              jadi teringat cerita jaman-jaman dulu, yang dulu aku nggak sepusing ini. yang dulu aku nggak seribet ini.

              well, kadang ngedengerin cerita temen itu bisa sedikit menghibur.
              thanks to 'x', yang sudah mau bercerita dan membuatku tertawa.
              lain kali kalo ketemu dugong dan duyung pasti ada cerita seru lagi.
              nggak sabar pengen ketemu kumpul2 bareng lagi :)

              terakhir, i miss you all guys! untuk banyak nama yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. terimakasih untuk mewarnai masa kecilku :)