Sabtu, 26 Mei 2012

mau jadi apa besok?


Dan aku pun merasakan getarannya.

Melihat kakak kelas yang tadi menerima pengumuman kelulusannya. Rasanya aku pun turut merasakan ketegangannya meskipun tidak sebesar mereka. Juga ketika pengumuman SNMPTN jalur undangan. Sesuatu yang rasanya ‘sesuatu banget’ #halah, tapi bener kok

Mbak Puji, salah satu mbak di kos, akhirnya bisa menembus jalur undangan itu. Menjadi calon maba di Teknik Geodesi UGM. Wow :o

Tak terbayang bahagia sekali ya rasanya. mendapat satu tangga lagi untuk menapaki masa depan. Masa depan, masa depan, masa… depan.. *kemudian hening

Rasa-rasanya kalo ngomongin masa depan itu, emm, bikin pikiran tambah ruwet. Nggak sepenuhnya ruwet sih. Kalo kita punya mimpi, pasti semua hal yang berhubungan dengan masa depan itu indah.

Tapi hidup bukan dongeng kan? Nggak selamanya mimpi itu bisa terjadi pada masa depan kita. Mimpi itu belum nyata, tapi masa depan itu nyata. Entah apa jadinya masa depan itu, tapi itu nyata.

Kalo ngomongin kuliah, dari awal masuk SMA sampe sekarang berubah-berubah terus kepengennya. Tapi akhirnya merasa jemu dengan keberubahan-keberubahan itu. Mulai beberapa hari yang lalu sudah meniatkan satu tekad. Ya, semoga cuma satu itu dulu. Jangan ada yang lain biar nggak tambah pusing. *haha, mekso

Dari mulai Psikologi, Sosiatri, Hubungan Internasional, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Islam, dan sampai yang terakhir Sastra Arab.

Entah kenapa mulai mantep dengan pilihan itu. Walaupun beberapa teman menyayangkan itu. Kenapa sastra? Mau jadi apa besok? Kenapa nggak milih ekonomi trus jadi ekonom islam yang mendunia? Kenapa ga masuk HI trus jadi diplomat muslimah yang disegani? Selalu pertanyaan kenapa dan mengapa.

Sempat berdialog dengan hati juga. Dan ini mungkin akan menjadi jawabannya, dialog antara perasaan dan pikiran.

*menghela hafas dulu

Kenapa malah jadinya milih Sastra Arab?

Jadi sebenarnya yang mencetuskan ide Sastra Arab ini adalah orangtua. Sederhana kan? Ini keinginan mama dan papa.

Trus kenapa kalo elo nggak pengen elo mau maksain? Yang kuliah kan elo, buka orangtua lo.

Iyasih, emang yang kuliah gue. Tapi yang ngasih duit buat biaya kulia kan emak babe gue.

Emang orangtua lo maksa gitu ya? Nggak dengerin mau lo apa?

Nggak juga sih. Mama papa selalu memperhatikan keinginan anak-anaknya kok. Kalo nggak gitu, gue nggak bakal sekolah disini.

Trus, kenapa lo mesti nurut?bisa aja kan lo bilang apa yang elo mau.

Nah, itu dia. Soalnya,  kalo ngomongin sekolah, dari SMP sama SMA gue udah sering banget tuh berargumen sama orangtua gue. Dari yang mulai ngobrol biasa sampe gue akhirnya dulu nangis-nangis buat dibolehin sekolah di negri. Pas SMP juga gitu, akhirnya ortu gue ngalah, gue boleh sekolah di Jogja. Dan selama itu orangtua gue mesti ngorbanin perasaannya. Kecewa karena gue nggak nurut. Tapi toh mereka diem aja. Walopun kecewa masih tetep ngebiayain gue dengan ikhlas.

Belum lagi, yah, elo tau kan masalah gue sama ortu yang ‘itu’. Jujur, gue nggak mau ngecewain lagi. Menjadi ‘asing’ di tengah-tengah keluarga itu nggak enak. walopun sebenernya ortu nggak terlalu mempermasalahkan. Tapi kalo tiba-tiba kita ngobrol trus mengungkit hal ‘itu’, rasanya nggak enak banget. Yasudahlah, gue mencoba berdamai. Menghindari perbincangan ‘itu’ ketika di rumah. Menjaga perasaan ortu dan gue sendiri.

Tuh kan, udah terlalu banyak pengorbanan ortu buat gue. Dan, rasanya untuk yang kali ini gue nggak punya nyali lagi buat berargumen. Sebenernya bisa, dan pasti ortu gue bakal ngalah. Tapi gue nggak tahan liat wajah kecewa mereka lagi. Kayaknya udah cukup selama ini gue mempertahankan ego dan keinginan gue.

Emang ortu gue bukan penentu masa depan gue. Tapi mereka punya andil besar dalam membangun masa depan gue. Dan, gue rasa Sastra Arab not bad kok. Gue bisa ngerancang lagi mimpi dan masa depan gue.

Yakin lo? Yaudah deh, gue sih terserah lo aja. Lagi-lagi elo tuh menye banget yah. Selalu kalah kalo sama perasaan lo sendiri.

Gue bukannya kalah ya, gue ngalah. Demi njaga perasaan semua orang yang gue sayang.

Yadeh yadeh, serah lo. Trus, rencana lo mau ngapain aja?

Rencana gue sih tetep sama. Lulus SMA, kuliah. Ikutan Gadjah Mada Mengajar (kalo masuk UGM), trus Indonesia Mengajar, trus kerja di UNICEF. Aamiin.. tapi selama proses kesitu, gue harus bisa nerbitin buku secara resmi, yang bukan indie lagi. Trus kaya yang udah pernah gue tulis, gue pengen punya panti asuhan. atau minimal rumah singgah gitulah buat anak-anak jalanan.

Jadi masa depan lo apa tuh? Rempong banget.

Masa depan gue ya? ya kaya gitu, gue cuma bisa ngerancang aja, buat hasilnya, serahin sama Yang Di Atas. Mungkin nggak ada hubungannya ya sama Sastra Arab? Atau biar ada hubungannya, anggep aja gue besok mau jadi dosen atau guru. Tapi mau jadi apapun gue, yang penting bermanfaat. Gue cuma mau jadi orang yang bermanfaat buat orang-orang di sekitar gue. Itu aja sebenernya.

Okedeh. Sebenernya gue masih bingung sama omongan lo. Tapi ya lain kali aja kita sambung lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar