Rabu, 18 Juli 2012

di penghujung 17

detik-detik terakhir di ujung angka 17 :)

ingin sedikit bermuhasabah saja. rasa-rasanya telah banyak yang terlewat di sisa-sisa kekanakan dan keremajaanku. melewati banyak petualangan yang begitu berharga. melewati banyak masa yang berat, tapi juga menghampiri berbagai gubuk gembira.

satu tahun terakhir ini begitu disibukkan dengan kegiatan organisasi dan kepanitiaan di sekolah. sampai kadang-kadang lupa dengan kewajiban utama (baca: belajar). tapi sebenarnya dibanding teman-teman lainnya, tugasku cukup ringan kok. ya, aku mencoba menganggapnya ringan, tapi tidak membuatnya ringan. u get it? 

beberapa hal yang ingin aku koreksi dari diriku sendiri:

1. emosional.
well, i admit it. terkadang mengendalikan emosi itu banyak susahnya. alhasil kata-kata yang nyelekit bin ga enak sering keluar. jadi sering merasa bersalah setiap selesai syuro di basecamp #eh. pernah juga dikatain galak tuh sama mereka, tapi ya mau gimana lagi, kadang kalo lagi bener-bener badmood ditambah urusannya ga jelas, ditambah orang-orang pada diem aja, uh, rasanya pengen gigit bantal. *tuh kan malah emosi. 
jadi, sekarang nisa harus bisa mengendalikan emosi, belajar jadi orang yang bijaksana :) inget, udah tua, marah bikin tambah tua *langsung ngaca*

2. (sok) perfeksionis
bukan dalam hal nilai tapi. terjadi perbedaan kalo dalam hal nilai, haha. perfeksionis ini bisa dari segi penampilan *ehem* dan merembet ke hal-hal lainnya. for example, eumm i admit (again) i do heart fashion. akibatnya, seringkali menghabiskan waktu sia-sia untuk mengobrak-abrik lemari demi untuk pergi ke suatu tempat. FYI, the reason i'm doing all this crazy thing isn't because of someone or anything. i just, like to do that. i just want to look at myself. bukan berarti narsisme juga. Allah is beautiful and loves beautiful, right?
tapi, masih ada batansannya juga. syar'i, dan tidak tabarruj berlebihan.

merembet ke hal-hal lain, seperti merencanakan sesuatu. misalnya, dalam hal shopping. well, dulu jaman SMP emang demen banget tuh ke mall. tapi, untuk tujuan yang jelas. misal nyari sepatu, tas, belanja, atau nonton sekalipun. sampai sekarang pun gitu. harus jelas ke mall itu mau beli apa. harus jelas berapa duit yang dibutuhin. harus jelas berapa waktu yang perlu dihabisin.*tapi kadang kalo lagi ada promo/sale, jangan dilewatkan. kesempatan tidak datang dua kali, haha

juga dalam hal melihat 'sesuatu'. seringkali yang terucap "ini tuh harusnya gini" "enggak, ini harusnya gitu" "eh, bukannya bagusan gini ya" "emm itu nanti bisa berefek samping negatif" dan sederet kata-kata lainnya.
well, ini bikin orang kesel banget, aku yakin itu. alhamdulillah untuk hal ini sudah bisa menahan :)

jadi, mulai sekarang harus jadi sesosok yang disiplin. yang jadi teladan buat orang lain :)

3. suka mengeluh
mending gitu ya ngadu sama Allah. lah ini sukanya ngeluh-ngeluh di depan pintu kos, pusing ini pusing itu, malah kerjaannya ngeluuh terus. jadi mulai sekarang harus bisa jadi akhwat yang kuat, tangguh, nggak pernah ngeluh lagi. usahakan, kata-kata yang keluar itu doa, dzikir, dan yang baik-baik. biar lisannya nggak capek terus dibuat ngeluh. biar jadi saksi kalo lisan ini juga pernah dipake untuk berkata hal yang baik dan bermanfaat

masih banyak, masih banyak hal yang perlu diperbaiki. masih banyak hal yang perlu dikoreksi dan dibenarkan. 

mulai sekarang, harus mulai rajin. rajin belajar dan berdoa tentunya, karna udah kelas XII. semakin sering bangun malam, sujud yang panjang. semakin sering menahan hawa nafsu dan lapar di waktu-waktu yang disunnahkan. semakin sering menyisihkan sebagian isi kantong untuk mereka yang membutuhkan. semakin sering mengunjungi majelis-majelis ilmu. semakin sering belajar, belajar, dan belajar. belajar mengenai apapun. 

belajar untuk menjadi sosok yang hebat. sosok akhwat yang disiplin. akhwat yang kuat. akhwat yang tangguh. akhwat yang cerdas. akhwat yang bijaksana. tapi tidak pernah lupa, bahwa akhwat sejatinya sesosok yang anggun dan lembut. sesosok yang tegas dan lugas. sesosok yang disegani dan tidak dilecehkan.

belajar untuk menjadi hambanya yang ikhlas. yang senantiasa sabar dalam lapang maupun sempit. yang rendah hati dan qana'ah. yang itqan dalam segala urusannya. yang konsisten dan bersungguh-sungguh. yang pantang menyerah dan tahan banting. yang sederhana dan selalu mensyukuri nikmat-Nya. 

ya Rabb... ampunilah segala dosa hamba ya Rabb.. jagalah hamba dari segala perbuatan dosa. jagalah hamba dari segala kesia-siaan..
semakin dekat hamba dengan masa yang telah Engkau tentukan itu ya Allah.. terimakasih atas segala nikmat yang telah Engkau berikan. terimakasih atas segala kesempatan dan kemudahan yang Engkau berikan. terimakasih untuk skenario terindah yang Engkau persiapkan bagi hamba. izinkan hamba untuk menanti skenario itu hingga habis masanya ya Allah.. 
aamiin... :')



Tidak ada komentar:

Posting Komentar